Pilhan platform olahraga untuk gaya hidup lebih sehat
Harus kita akui, pandemi Covid-19 membuat kesadaran masyarakat akan berolahraga meningkat. Aktivitas berolahraga selama masa pandemi lalu pun tidak sepenuhnya berhenti, namun terjadi beberapa penyesuaian. Salah satu penyesuaiannya, tingkat partisipasi olahraga yang tidak memerlukan kontak badan (non-contact sports) meningkat. Hal ini menyebabkan minat akan olahraga seperti Bulutangkis, Tennis, Padel digandrungi sampai dengan masa pasca pandemi. Tren positif ini diiringi dengan lahirnya lapangan-lapangan olahraga yang disewakan untuk masyarakat umum.
Selain bermunculan lapangan komersil baru, kemajuan teknologi juga berperan dalam peningkatan partisipasi masyarakat Indonesia dalam berolahraga. Sekarang, jika ingin berolahraga namun kekurangan atau bahkan belum memiliki teman berolahraga, masyarakat dapat mencari teman bermain olahraga dengan mengakses platform olahraga yang tersedia di pasaran. Adapun platform yang menawarkan jasa “main bareng” atau “pick up games” di Indonesia :
- AYO Indonesia (web, IOS dan Android)
Aplikasi besutan hasil karya anak bangsa ini memungkinkan pengguna untuk mencari teman berolahraga melalui fitur “main bareng” dan melakukan penyewaan lapangan secara online. Lahir dari komunitas olahraga di Instagram, lebih dari 12.000 komunitas olahraga telah bergabung di platform AYO Indonesia yang terdiri dari olahraga Badminton, Tennis, Padel, Sepakbola, Futsal, Basket, dll.
- Reclub (IOS dan Android)
Aplikasi buatan perusahaan asal vietnam ini berfokus pada fitur pencarian teman bermain olahraga, opsi kategori olahraga yang ditawarkan cukup variatif sampai dengan olahraga handball dan netball.
- Kuyy (IOS dan Android)
Aplikasi buatan perusahaan Indonesia yang hadir di platform android ini terbilang cukup baru. Dapat dilihat dari aktivitas yang tersedia, Kuyy App berfokus pada olahraga Tennis dimana olahraga yang sedang naik daun di kota besar Indonesia.
Melalui platform-platform tersebut, pengguna tidak hanya dapat melakukan aktivitas olahraga secara rutin namun juga dapat dijadikan ajang untuk bersosialisasi, networking dan menambah teman baru.
Harapannya kehadiran platform olahraga di Indonesia juga dapat berkontribusi dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diusung pemerintah yaitu meningkatkan partisipasi olahraga ke angka 70 persen pada tahun 2045.